Peugeot 3008 Review

Peugeot 3008

Peugeot 3008 merupakan jenis crossover kompak SUV yang diluncurkan oleh perusahaan mobil asal Perancis “Peugeot” pada Mei 2008. Jenis mobil ini banyak mendapat kritikan dan juga dukungan di awal peluncurannya. Terutama karena penampilan awalnya yang terobsesi dengan MPV. Namun generasi kedua Peugeot 3008 yang dirilis pada tahun 2016 telah memperbaiki apa yang salah dari itu.

Jenis 3008 asli umumnya dirancang dengan menonjolkan tampilan hatchback dengan taburan SUV. Beberapa menganggapnya aneh atau terlalu gemuk di setiap bagian. Namun 3008 yang terbaru, sebaliknya kini dikenal sebagai SUV berukuran sedang daripada hatchback crossover. Jenis 3008 ini menawarkan mobil yang ringan, kuat, serta dilengkapi banyak interior cerdas yang sarat teknologi.

Peugeot 3008
Peugeot 3008. Photo of Peugeot Indo

Spesifikasi Peugeot 3008

Peugeot seri 3008 ditawarkan dalam body SUV lima pintu dengan lima pilihan trim (Allure, Active, GT, GT Line, dan GT Line Premium). Untuk mesinnya, ada dua opsi bensin: PureTech 1.2 liter yang menghasilkan output 130 hp dan THP 1.6 liter (165 hp). Di lain sisi, ada dua opsi diesel BlueHDi (1.5 liter dan 2.0 liter) yang menghasilkan daya 100-180 hp.

Standar bensin 1.2 liter dan diesel 1.5 liter dilengkapi dengan transmisi manual (enam persneling) dan opsi transmisi otomatis (delapan persneling). Sementara untuk standar bensin 1.6 liter dan diesel 2.0 liter dilengkapi dengan transmisi otomatis (delapan persneling). Untuk seri Hybrid4, Peugeot 3008 juga menawarkan mesin bensin 1.6 liter dan dua motor listrik (untuk jangkauan jarak 30 mil).

Interior Peugeot 3008

Seri ini menawarkan salah satu kabin terbaik dengan kualitas bahan yang kuat, mewah, dan juga spesifikasi model yang lebih tinggi. Anda bisa merasakan plastik yang lembut di atas dasbor, hingga kain bertekstur menarik di sepanjang tepi pintu. Sementara itu, i-Cockpit digital baru akan digunakan sebagai standar dan menggantikan i-Cockpit lama seperti yang ada di Peugeot 208, 308, dan 2008.

Beberapa fitur yang ditingkatkan ini meliputi roda kemudi kecil (standar semua model Peugeot) yang kini mulai disambut baik pengguna. Ada juga layar digital “head up” 12.3 inci yang menggantikan fungsi pengukuran bahan bakar, speedometer, dan tombol tradisional lainnya. Selain itu, layar ini juga dapat dikonfigurasi untuk menampilkan daftar media, panduan satelit, atau informasi perjalanan.

Sentuhan menarik lainnya ada pada layar sentuh 8 inci dan deretan tujuh sakelar berwarna perak di bawahnya. Tombol sakelar yang tersusun hampir seperti piano ini bekerjasama dengan layar (yang cukup kapasitif) untuk menyesuaikan suhu AC, menampilkan musik, dan mode lainnya. Kekayaan materi dan kualitas inilah yang menjadikan Peugeot salah satu mobil paling nyaman di kelasnya.

Exterior Peugeot 3008

Dengan membuang gaya MPV lamanya, Peugeot 3008 telah berevolusi menjadi mobil yang penuh daya tarik dan juga percaya diri. Bagian depan mobil tampak cukup dramatis, ditambah lagi dengan efek lampu LED 3D di bagian belakang yang membuatnya semakin menonjol. Sementara itu, ukuran dimensi 3008 ini umumnya lebih kecil dari SUV sedang, namun terlalu besar untuk ukuran SUV kecil.

3008 terbaru memiliki panjang 4.450 mm (lebih panjang 80 mm dari sebelumnya), lebar 1.840 mm, dan tinggi 1.620 mm. Sedangkan untuk wheelbase mobil berukuran 2.675 mm. Ukuran pinggangnya dibuat lebih tinggi, dengan gril radiator lebih tegak dan lebih besar, kap mesin juga lebih datar, dan kaca depan yang sedikit tergerus. Hasilnya SUV ini tampil cukup sederhana namun tetap stylish.

Harga Peugeot 3008

Sebagian besar model 3008 yang dijual di Indonesia umumnya memiliki harga sekitar Rp 715 juta. Harga ini menempatkan 3008 jauh ke dalam jajaran mobil premium, atau setara dengan Volkswagen Tiguan (top-spec) dan BMW X1. Namun ketika Anda menginginkan desain yang lebih menarik dengan kabin yang cukup luas, maka beberapa biaya tambahan mungkin harus dikorbankan.

Sementara itu, kisaran harga 3008 akan berbeda untuk masing-masing model. Sebagai referensi, model trim Active mungkin menjadi opsi 3008 yang cukup terjangkau dibandingkan lainnya. Sedangkan model GT adalah yang termahal karena tersedia hanya untuk mesin diesel. Sementara itu, untuk kualitas dan harga yang lebih baik maka trim Allure adalah pilihan yang tepat.

Bila anda beserta keluarga sedang berada di kota Yogyakarta dan anda merencakan untuk berkeliling kota ini dengan mobil, untuk pengalaman terbaik anda, anda bisa mendapatkan kendaraan terbaik dari berbagai rental mobil Jogja.