KIA Sportage Review

Sportage merupakan salah satu dari jajaran mobil produksi Korea Selatan yang cukup populer sejak diluncurkan pertama kali di tahun 1993. Kini Sportage telah memiliki generasi keempat, yang secara keseluruhan sangat berbeda dari pendahulunya. Sekilas versi terbaru dari KIA Sportage merupakan bentuk revolusi dari mobil jenis off-roader menjadi mobil kota yang mudah dikendarai.

Dengan versi terbarunya, Sportage telah berhasil menyaingi penjualan beberapa mobil SUV serta crossover keluarga seperti Hyundai Tucson, Nissan Qashqai, Honda CR-V, Peugeot 3008, dan masih banyak lagi. Adapun yang membuat Sportage menjadi pilihan terbaik, terutama karena mesin yang lebih andal, interior yang luas, dan janji garansi KIA yang cukup terkenal.

KIA Sportage
KIA Sportage. Photo of Amazon

Spesifikasi KIA Sportage

Untuk menunjang kinerjanya agar sesuai selera semua pengguna, Sportage IV dilengkapi dengan tiga mesin bensin dan satu mesin diesel. Mesin-mesin ini memiliki kapasitas bensin mulai dari 1.6 liter (97 kW / 161 N.m), 2.0 liter (120 kW / 200 N.m) dan 2.4 liter (138 kW / 241 N.m). Sementara untuk diesel memiliki kapasitas 2.0 turbo-liter (135 kW / 400 N.m).

Di lain sisi, Anda juga bisa menemukan mesin turbo-bensin 1,6 T-GDi (130 kW / 265 N.m) serta mesin diesel 2.0 R-Series (136 kW / 400 N.m). Sementara untuk pilihan transmisi, ada opsi manual dan otomatis 6 kecepatan, dual-clutch (DCT) 7 kecepatan dengan penggerak semua roda, serta transmisi otomatis 8 kecepatan.

Interior KIA Sportage

Pada umumnya, Sportage yang baru memiliki dimensi lebih besar dan dapat menampung hingga lima orang. Anda bisa merasakan kabin yang lapang dengan bahan-bahan premium dan disertai level trim yang cukup mewah. Beberapa kursi terbuat dari kain yang merupakan perlengkapan standar, selain itu ada juga jok berbahan kulit, serta kursi depan yang berventilasi dan dapat disesuaikan.

Tidak hanya itu saja, Sportage yang baru juga menawarkan ruang yang lebih banyak hingga 1.2 inci (antara roda depan dan belakang) dan 1.6 inci  lebih panjang secara keseluruhan. Namun akan ada sedikit ruang lutut dan kepala, terutama untuk kursi bagian belakang. Selain itu, Sportage juga tidak memiliki cukup ruang kargo yang sama seperti pesaingnya Honda CR-V atau Subaru Forester.

Di lain sisi, semua generasi Sportage memiliki layar sentuh 8 inci, sistem suara 6 speaker, Bluetooth, port USB, serta Android Auto dan Apple CarPlay. Bahkan beberapa fitur teknologi pada Sportage ini juga mudah diakses dan dilihat. Sementara itu, KIA Sportage juga memiliki fitur keselamatan standar seperti pengereman darurat otomatis, kamera pandangan belakang, dan peringatan tabrakan.

Exterior KIA Sportage

Sejauh ini, Sportage IV dirancang tanpa ada perubahan yang mencolok dari generasi sebelumnya. Namun ada beberapa pembaruan seperti pada bumper depan dan belakang, serta adanya teknologi kemanan yang lebih luas. Untuk dimensinya, sportage IV memiliki panjang, lebar, dan tinggi berturut-turut: 4.480 mm, 1.855 mm, dan 1.645 mm. Sementara bagian wheelbase berukuran 2.670 mm.

Sekilas, Sportage yang baru ini memiliki tampilan yang lebih berotot. Di lain hal, KIA Sportage juga memiliki bahan samping yang lebih berat dan tebal jika dibandingkan dengan Nissan Qashqai. Namun hal ini tidak akan mengganggu pengendara ketika bermanuver ke tempat parkir. Terutama karena ada beberapa fitur keselamatan yang berfungsi untuk meningkatkan visibilitas pengendara.

Harga KIA Sportage

Di Indonesia, satu unit mobil SUV ini dihargai antara Rp 386,5 – 475,5 juta. Suatu nilai yang cukup sepedan untuk mendapatkan crossover tampan dan dapat diandalkan. Apalagi mobil Sportage ini juga dilengkapi dengan garansi yang cukup memuaskan. Maka tidak ada alasan untuk tidak membeli atau menyewa Sportage yang baru dengan interior yang luas ini.

Sebagian line-up Sportage yang populer di Indonesia umumnya meliputi varian AT, GT, dan juga GT Ultimate. Untuk seri AT dengan transmisi otomatis 6 kecepatan (1999 cc) umumnya dihargai dengan nilai Rp 386.5 juta. Sementara seri Sportage GT dengan transmisi otomatis 6 kecepatan rata-rata dihargai Rp 445.5 juta. Terakhir yang paling tinggi yakni GT Ultimate yang dihargai Rp 475.5 juta.

Avanza merupakan kendaraan pilihan keluarga Indonesia. Bila anda sedang berada di kota Yogyakarta dan anda membutuhkan kendaraan ini, anda bisa mendapatkannya di sewa Avanza Jogja dari berbagai rental mobil di kota budaya ini.